BERITAGEMPA

Babinsa Gerak Cepat Sukseskan Opster TNI Bersama Instansi Terkait

Pasca dibukanya Operasi Teritorial TNI tahun 2019 oleh Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc, para Babinsa yang sudah tergabung sebagai Fasilitator langsung bergerak di Desa Binaan masing-masing bersama fasilitator sipil yang ada di Desa.Hal itu dikatakan Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han, disela-sela pemberangkatan Umrah Babinsa Penatoi Koramil 1608-01/Bima Serma Ismail di Masjid Makorem 162/WB, Rabu (23/1).

Danrem juga kembali menegaskan bahwa pencairan dana untuk rumah rusak ringan dan sedang ini sudah dipermudah, namun tetap melalui prosedur sesuai dengan Juknis yang sudah disepakati “Babinsa mengarahkan masyarakat binaanya yang memiliki rumah rusak ringan atau sedang dan sudah diverifikasi untuk membentuk Pokmas, kemudian melaporkan ke Kantor desa untuk memperoleh SK dari Kepada Desa atau Lurah, membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) kebutuhan dana, setelah itu baru diajukan ke BPBD dan Dinas Perkim setempat untuk persetujuan pencairan dana, terakhir ke BRI untuk pembuatan rekening dan pencairan dana,” jelasnya.

Danrem berharap Opster TNI akan mempermudah dan mempercepat rehab rekons rumah yang rusak pasca gempa sehingga warga yang terdampak gempa segera memiliki atau menempati rumahnya dengan aman dan nyaman mengingat sekarang sudah musim hujan. Menurutnya, saat ini para fasilitator baik sipil maupun Babinsa sudah bekerja sesuai dengan Tupoksinya. “Selain melaksanakan tugas pembinaan di desa binaannya, para Babinsa yang desa binaanya terkena dampak gempa langsung menjadi Fasilitator, dan Alhamdulillah berdasarkan laporan sudah ada peningkatan signifikan dari sebelumnya,” ujarnya.

Comment here